Apa Pendapat Anda Tentang Niche Blog Tahun 2015?

Tahun 2015, semua blogger berlomba-lomba membangun blognya untuk menghasilkan pendapatan yang maksimal dengan mengusung make money blogging. Sebagai blogger anda harus mengetahui tentang niche blog yang bagus dan tepat untuk mendapatkan penghasilan yang diinginkan melalui blogging. Sebagian blogger tidak memusingkan tentang niche blog mereka, asal blog yang sedang di kelola bisa memberikan passive income memadai.

Di dunia blogging dan adsense sangat akrab dengan istilah niche blog. Bila anda ingin sukses dengan adsense maka berpikirlah jenis niche blog apa yang akan anda kembangkan. Pakar adsense sepakat , bahwa blog dengan niche spesifik relative memberikan keuntungan di bandingkan blog dengan niche yang luas.



Berbicara tentang niche yang bagus untuk blog, secara pribadi saya menyukai niche yang spesifik, dalam hal ini saya tidak mencari micro niche atau tema yang terlalu sempit. Tahun 2015 pertumbuhan advertise adsense di percaya akan semakin berkembang. Banyak pebisnis yang menggunakan jasa adword untuk melakukan promosi. Para pebisnis tersebut tentu datang dari berbagai kalangan dengan mengusung bermacam jenis niche. Sebagai blogger yang mencari keuntungan melalui adsense, anda harus jeli mencari niche yang tepat, karena para advertise mengeluarkan biaya yang besar untuk kampanye produk iklannya.

Walaupun begitu, banyak blogger Indonesia yang mengusung niche blognya terlalu luas ataupun niche campuran (gado-gado) dan tetap menghasilkan melalui adsense tanpa ribet-ribet memikirkan niche spesifik nantinya bisa berimbas terhadap kualitas dan update artikel. Niche gado-gado sangat bisa menghasilkan, bila pengunjung blog sangat tinggi berada di kisaran 10 ribu – 20 ribu per hari untuk Indonesia. Tentu anda harus rajin update setiap hari minimal 3-6 artikel unik.

Kalau anda membuat blog menggunakan bahasa inggris, yang anda harus pikirkan hanya niche spesifik. Ini di karenakan harga klik iklan dunia dan Indonesia sangat jauh berbeda. Sebagai pengalaman pribadi saya pernah mendapat harga per klik google adsense mencapai 40-50 ribu rupiah ($4-5), tentu ini dari blog bahasa inggris. Dan blog Indonesia dengan harga tertinggi mencapai 60 ribu rupiah ($6), tapi kliknya tidak berasal dari negara Indonesia. Melihat hal ini tentu anda berpikir lebih baik membangun blog bahasa inggris saja untuk mendapat keuntungan yang besar. Dalam membangun blog bahasa inggris anda harus bekerja lebih ekstra lagi.

Sejauh ini niche untuk blog masih tetap berlaku, bagi anda yang ingin mendapat keuntungan besar dari adsense. Para Internet marketing dunia Pat Flynn, Spencer Haw, Darren Rowse, dan lainnya berpendapata bahwa niche blog yang spesifik menjadi hal yang mutlak untuk mendapatkan penghasilan maksimal melalui program adsense.

Sekarang yang menjadi fokus dan perhatiannya adalah anda jangan memikirkan blog bahasa Indonesia atau blog bahasa inggris terlebih dahulu, kalau anda mendapatkan niche yang tepat, blog bahasa Indonesia dan inggris sama-sama bisa menghasilkan walaupun perbandingan harga iklannya berbeda.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, niche blog yang spesifik dan niche blog yang luas, perbedaan penghasilannya tergantung dari trafik blog per hari. Blog niche spesifik hanya membutuhkan 20 ribu view per bulan untuk mendapatkan penghasilan 20 juta rupiah ($2000). Sedangkan blog dengan niche gado-gado membutuhkan 500 ribu-1 juta view per bulan untuk mendapatkan penghasilan yang sama. Niche blog tidak menjadi halangan untuk mendapatkan penghasilan dari program adsense. Bagaimana pendapat anda? Happy blogging.

9 Responses to "Apa Pendapat Anda Tentang Niche Blog Tahun 2015?"

  1. kalau untuk mengasyikkan, niche blog yang banyak mengundang komentar itu adalah Niche blog tips blogging atau seputar blog, sedangkan yang lainnya banyak mengundang pengunjung, sementara untuk komentar banyak yang kurang minat, tapi ini menurut saya ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas ibrahim, seputar dunia blogging beserta kewan-kawannya memang banyak mengundang komentar, ini lah yang coba saya lakukan mas, saya senang bisa berbagi sesama blogger. salam sahabat blogger mas ibrahim, hehe.

      Delete
  2. membangun niche blog apalagi dengan berbasis pada bahasa inggris tentu bukanlah hal yang mudah, tapi tekad kuat haruslah tertanam agar dollar nay gede mah

    ReplyDelete
  3. Kalau pendapat saya sih, yang penting kita bisa bersaing kuat di niche tersebut.

    ReplyDelete
  4. mungkin fokus ke tutorial daripada isinya hanya curhatan saja mas ... hehehehe

    ReplyDelete
  5. Kalau untuk niche yang paling bagus di tahun 2015 kira-kira apa aja mas??? soalnya saya ingin membangun blog, tapi masih pusing niche apa yang bagusnya saya kelola.

    ReplyDelete

Komentar jangan menautkan link aktif (akan di apus).
Jangan rasis, SARA dan mencaci.
Berkomentar dengan bijak dan sopan.