Bagaimana Menentukan Niche Untuk Blog Baru

Blog itu harus memiliki niche yang jelas. Membuat blog harus memperhatikan peta yang bagus untuk memberikan manfaat bagi pengunjung blog. Blog yang sukses tentu memenuhi banyak criteria dan salah satunya pasti blog memiliki niche sesuatu yang di bahas. Niche yang bagus dan unik sangat bermanfaat terutama untuk blog yang masih baru. Bisa memberikan tingkat popularitas tersendiri di mata pengunjung blog.

Pada umumnya pengguna internet Indonesia kebanyakan remaja hingga dewasa muda. Mereka pun butuh banyak informasi dari internet yang bermanfaat bagi mereka sendiri. Bila mereka  mengunjungi blog baru sesuai dengan apa yang di cari dan blog mengena karena niche yang sesuai, bisa di pastikan blog yang sedari baru mendapat pengunjung yang setia.


Menentukan niche untuk blog sangatlah mudah dan bisa di aplikasikan semua blogger terutama yang masih baru. Jangan terlalu memikir blog baru yang kita kelola tidak laku di pasar internet. Bila nichenya tepat dan bagus tentu mendapat respon yang baik dari pengguna internet.

Bagaimana menentukan niche untuk blog baru, di bawah ini sedikit tips dari saya:
  1. Sesuai minat anda. Sekarang anda tanyakan pada diri sendiri, apa minat anda selama ini (misal: minat anda tentang dunia blogging, otomotif, kesehatan, fotografer dan lain – lain) hal ini berguna bila anda ingin membuat sebuah blog yang tidak ingin berhenti di tengah jalan. Blog yang anda kelola sesuai dengan minat anda sendiri, anda sangat enjoy dalam hal menulis dan mempublish artikel.
  2. Melakukan riset. Baiknya anda lakukan riset kecil – kecilan. Seperti, mengetahui seberapa pasar pengguna internet di bidang niche yang ingin anda tetapkan. Ini berguna supaya anda mengetahui niche anda sukse atau tidak.
  3. Mencari celah melalui situs berita. Portal situs berita online mendapat pengunjung yang banyak setiap hari seperti detik,okezone,viva dan lain –lain. tidak salahnya anda mengulas salah satu sub topik dari topik utama yang di bahas portal online tersebut (contoh: kesehatan; anda membahas tentang kesehatan reproduksi).
  4. Menanyakan pendapat. Ini bisa juga menjadi referensi mengenai niche yang tepat untuk blog anda dengan cara bertanya ke teman – teman terdekat atau teman di media sosial tentang apa yang bagusnya akan anda bahas bila ingin membuat sebuah blog baru.
  5. Membuat Maping. Bila anda mempunyai minat yang besar dan luas buat lah maping untuk mengecilkan niche yang ingin anda bahas untuk blog baru.
  6. Niche campuran. Ini juga tidak salah bagi anda untuk mencobanya namun bila blog terlalu banyak gado – gado tentunya  anda tidak sanggup membuat artikel original setiap hari karena kebutuhan pembaca blog anda.

Banyak tips lainnya yang membahas tentang bagaimana menentukan niche untuk blog baru. Tips di atas bisa anda terapkan bila anda ingin membuat blog baru tapi tidak bisa menentukan niche yang tepat. Terima kasih telah membaca dan berkunjung.


3 Responses to "Bagaimana Menentukan Niche Untuk Blog Baru"

  1. kalo blog ini sendiri nice nya apa gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo blog ini saya sedang fokus tips blogging, menulis dan juga bisnis mas yudha.

      Delete

Komentar jangan menautkan link aktif (akan di apus).
Jangan rasis, SARA dan mencaci.
Berkomentar dengan bijak dan sopan.