Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar

Untuk mendukung masa depan yang mantap. Tentu anda harus rajin belajar seperti di bahas pada artikel sebelumnya, pentingnya belajar bahkan harus menuntut ke negeri china. Sudah sepantasnya kita selalu belajar untuk mengejar impian dan cita-cita.

Banyak faktor yang mendukung prestasi belajar. Sadar atau tidak anda pasti berusaha untuk selalu belajar dan tidak mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi belajar.



Faktor-faktor internal
  • Faktor jasmaniah:  Faktor ini meliputi faktor kesehatan dan cacat tubuh.
  • Faktor fisiologis: Faktor-faktor yang tergolong ke dalam factor fisiologis antara lain   intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kelelahan.
  • Faktor kelelahan: Kelelahan pada seseorang walaupun sulit untuk dipisahkan tetapi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kelelahan jasmani dan kelelahan rohani (bersifat psikis). 

Faktor eksternal
  • Faktor keluarga: Siswa yang belajar akan menerima pengaruh dari keluarga berupa cara orang tua mendidik, relasi antara anggota keluarrga, suasana rumah tangga dan keadaan ekonomi keluarga.

  • Faktor sekolah: Faktor sekolah yang mempengaruhi belajar ini mencakup metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, pelajaran dan waktu sekolah, standar pelajaran, keadaan gedung, metode mengajar dan tugas rumah.


Di atas merupakan factor yang mempengaruhi belajar untuk kalangan umum atau orang biasa, namun bila anda seorang pelajar lain halnya lagi factor yang mempengaruhi belajar yaitu sebagai berikut, juga terbagi dua internal dan eksternal:

Faktor internal siswa
  • Aspek fisiologis: Meliputi kondisi umum jasmani dan tegangan otot yang menandai tingkat kebugaran organ-organ tubuh dan sendi-sendinya yang dapat mempengaruhi semangat dan intensitas dalam belajar.

  • Aspek psikologis: Banyak faktor yang termasuk dalam aspek psikologis yang dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas perolehan proses belajar.

Faktor eksternal siswa
     Terdiri dua macam, yaitu :
  • Lingkungan sosial: masyarakat dan tetangga. Lingkungan sosial yang lebih banyak mempengaruhi kegiatan belajar adalah orang tua keluarga siswa itu sendiri.

  • Lingkungan non sosial: Faktor-faktor yang termasuk lingkungan non sosial adalah gedung sekoalh dan letaknya, termasuk tempat tinggal keluarga siswa, alat-alat belajar, keadaan cuaca  dan waktu belajar yang  digunakan.

Bagaimana sekarang anda sudah paham tentang faktor yang memperngaruhi belajar. Oke dech, terimakasih sudah membaca semoga membantu anda. 

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar"

Post a Comment

Komentar jangan menautkan link aktif (akan di apus).
Jangan rasis, SARA dan mencaci.
Berkomentar dengan bijak dan sopan.