Manfaat Dan Fungsi Perpustakaan Sekolah

Perpustakan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan dan penunjang kegiatan belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Berikut beberapa manfaat perpustakaan bagi sekolah.

  • Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid murid tehadap membaca
  • Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar murid-murid
  • Perpustakaan sekolah dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri
  • Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca
  • Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa
  • Perpustakaan sekolah dapat membantu murid-murid menyelesaikan tugas-tugas sekolah 
  • Perpustakaan sekolah dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pelajaran
  • Perpustakaan sekolah dapat membantu murid-murid, guru-guru dan anggota staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi



Penyelenggaraan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah diharapkan dapat membantu siswa dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menunjang proses belajar mengajar.

Apabila ditinjau secara umum, perpustakaan sekolah itu sebagai pusat belajar, sebab kegiatan yang paling tampak pada setiap kunjungan murid-murid adalah belajar, baik belajar masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang diberikan di kelas, maupun buku-buku lain yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran. Akan tetapi apabila ditinjau dari sudut tujuan siswa-siswa mengunjungi perpustakaan sekolah, maka ada yang tujuannya untuk belajar, ada yang tujuannya untuk berlatih menelusuri buku-buku perpustakaan sekolah, ada yang tujuannya memperoleh informasi, bahkan ada yang tujuannya hanya untuk mengisi waktu senggangnya atau sifatnya rekreatif.



Ada beberapa fungsi perpustakaan sekolah antara lain sebagai berikut :
1). Sebagai sumber belajar
2). Membantu peserta didik memperjelas dan memperluas pengetahuan    pada setiap bidang studi
3). Mengembangkan minat dan budaya membaca yang menuju kebiasaan mandiri
4). Membantu anak untuk mengembangkan bakat, minat dan  kegemarannya
5). Membiasakan anak untuk mencari informasi di perpustakaan
6). Perpustakaan sekolah merupakan tempat memperoleh bahan rekreasi sehat
7).Perpustakaan sekolah memperluas kesempatan belajar bagi peserta didik.

Selain fungsi tersebut diatas, di pustaka Anda juga bisa melamar pekerjaan lho. Tentu sangat senang bekerja sambil membaca koleksi buku-buku diperpustakaan. Nah, bagi Anda yang ingin melamar kerja di perpustakaan, silahkan baca contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar agar peluang Anda diterima kerja lebih besar.

Beberapa fungsi perpustakaan sekolah sebagai berikut :

  • Fungsi edukatif



       Perpustakaan sekolah menyediakan buku-buku baik fiksi maupun non fiksi. Adanya buku-buku tersebut dapat membiasakan siswa-siswa belajar mandiri. Selain itu adanya perpustakaan sekolah dapat meningkatkan minat membaca siswa-siswa sehingga meningkatkan penguasaan teknik membaca.
  • Fungsi informatif


Perpustakaan menyediakan berbagai macam informasi baik tercetak, terekam dan koleksi lainnya yang dapat memberikan informasi atau keterangan yang dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan.
  • Fungsi tanggung jawab administratif


Dalam perpustakaan sekolah terdapat hal-hal yang dilakukan oleh siswa, seperti peminjaman dan pengembalian buku dan adanya tata tertib perpustakaan yang harus dipatuhi oleh siswa. Semua itu selain mendidik siswa-siswa kearah tanggung jawab juga membiasakan untuk bersikap dan bertindak secara administratif.
  • Fungsi riset


Adanya bahan pustaka yang lengkap di dalam perpustakaan akan membantu siswa dan guru dalam melakukan riset dengan mengumpulkan data-data atau keterangan yang diperlukan dengan cara membaca buku-buku yang tersedia di perpustakaan.
  • Fungsi rekreatif


Siswa dapat menggunakan perpustakaan untuk memanfaatkan waktu senggang yang ada dalam menciptakan kehidupan yang seimbang antara jasmani dan rohani. Hal ini juga akan menunjang kegiatan kreatif sebagai hiburan yang positif.

13 Responses to "Manfaat Dan Fungsi Perpustakaan Sekolah"

  1. melihat manfaatnya yg sangat banyak maka sepatutnya yg terkait dengan perpustakaan sekolah semakin menggalakkan siswa membaca ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin perpustakaan di rumah dong Mas. saya nanti minta, nggak minjem

      Delete
    2. iya kang cungkup., semakin rajin membaca semakin pintar.

      Delete
  2. dulu waktu masih smaan jarang masuk perpustakaan sekolah, pas sudah tua seperti ini, sungguh menyesal sekali, sudah ndak punya lagi kesempatan untuk banyak belajar, tapi saya selalu tekankan kepada anak2 untuk selalu membaca di perpus biar tidak seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, saya juga nyesal cuma rajin sampe semester 2 kuliah, sampe sekarang gak pernah nongol lagi ke perpus kang, membaca sejak dini sangat bagus kang.

      Delete
  3. salah satu keberhasilan seorang murid adalah selalu rajin ke perpustakaan untuk belajar dan mencari ilmu tambahan disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak ana, murid yang pintar memang kebanyakan di perpus dari pada keluyuran itu sudah terbukti.

      Delete
  4. wahh mantep nih. saya sih seringnya karena fungsi rekreatifnya Mas, dulu.
    hehe.. ngecengin temen yang cantik2, lalu minjem buku ke mbak tadi yang padahal pinjemnya dari perpus itu juga. keren kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, ini namanya modus kang zach. kadang-kadang semasa kuliah saya juga gitu kang sambil ke perpus sambil ngintip cewek-cewek, hehe.

      Delete
  5. Wahhh banyak sekali yah manfaat berkunjung ke perpustakaan ni hmm kebetulan saya sekarang udah jarang main ke perpus ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tempat saya gak banyak perpusnya , cuman 2. Ayo ke perpus jangan sia-siakan waktu untuk membaca.

      Delete
  6. jadi infet masa2 sekolah nih, minjem buku tapi telat ngebali'in.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah gak ngebaliin, terpaksa ganti rugi deh,. hilang di telan ombak. hehe

      Delete

Komentar jangan menautkan link aktif (akan di apus).
Jangan rasis, SARA dan mencaci.
Berkomentar dengan bijak dan sopan.