10 Tips Blogging Bagi Anda Untuk Menjadi Profesional Tahun 2015

Sudahkah anda bersiap menghadapi tahun 2015?

Pada tahun 2015 nanti tentu dunia blogging akan lebih kompetitif. Para blogger tanah air maupun mancanegara akan membuat banyak perbedaan berkaitan gaya blogging yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Banyak hal  yang di kejar  tahun 2015 nanti. Di dunia fashion, teknologi pasti selalu berkembang dan mengikuti trend terbaru, begitu juga dengan dunia blogging yang harus mengikuti trend atau perkembangan terkini.

Apakah anda berpikir untuk bisa menjadi blogger yang professional?

Bila anda mempunyai pemikiran seperti itu banyak hal yang harus anda lakukan supaya nantinya gaya blogging anda sedikit berubah dan memasuki gaya professional saat ngeblogging. Untuk menjadi professional tentunya anda harus mengikuti kaidah bagaimana professional itu.

Aktion, disiplin, kerja, tiga ini hal yang harus anda perhatikan saat berusaha menjadi profesional. Banyak blogger pemula berhenti tengah jalan atau tidak berkembang karena tidak memperhatikan ke tiga hal tersebut saat memulai blogging.

Blogger yang professional sama dengan professional di bidang lainnya. Semua pekerjaan di dunia ini menuntut anda harus professional. Dan bila sukses menjadi professional nantiya anda akan mendapat pengakuan dan kredibilitas dari orang lain.

Banyak tips-tips blogging yang telah di bahas oleh para pakar sebelumnya. Saya akan mencoba  menulis tips blogging untuk menjadi professional sebagai acuan anda tahun 2015.


Inilah 10 Tips Blogging Bagi Anda Untuk Menjadi Profesional Tahun 2015


#1 – Tulis Konten Secara Regular
Untuk pertama agar anda menjadi blogger professional, menulis konten secara regular merupakan faktor penentu tingkat professional anda. Hal ini memang sangat melelahkan dan membutuh energi lebih. Namun, bila manajemen waktu anda bagus, membuat konten regular terlihat mudah bagi anda. Banyak blog-blog sukses karena mereka mengandalkan konten yang di publish secara regular. Sekarang anda harus menetapkan berapa konten yang harus anda publish setiap hari. Sehari satu postingan atau lebih.

Pada poin pertama yang harus menjadi perhatian adalah anda harus posting setiap harinya, halo ini mengikuti blogger-bloger professional luar negeri.

#2 – Panjang Isi Konten Sangat Bekerja
Anda pasti mengetahui google selalu menjadi nomer satu di dunia internet. Sebagai blogger anda harus menulis konten yang bagus, fresh, teratur, unik agar mendapat perhatian dari google dan pengunjung. Google menyukai artikel panjang dan relevan yang di cari pengunjung.

Berapa jumlah kata yang harus anda tulis?

Apakah anda ingin menulis artikel dengan 500 atau 800 kata, supaya enjoy dalam menulisnya. Yang anda perlukan adalah artikel dengan panjang 1000 sampai 2000 kata. Tentu google sangat menyukai artikel seperti ini dan trafik blog anda semakin meningkat. Sampai saat ini google sudah menerbitkan banyak algoritma untuk menjaring blog-blog yang berkualitas.

#3 – Konten Sama Pentingnya Dengan SEO

Blogging itu segalanya adalah konten, bila anda sudah membenahi masalah SEO. Sekarang konten merupakan nyawa bagi blog itu sendiri. Blog yang sepi pengunjung itu karena isi konten yang tidak di benahi oleh pemiliknya. Tentu kontennya harus bagus, tepat dan bermanfaat agar google memberikan blog anda sebagai rujukan kepada pengunjung.

#4 – Promosi Dan Kenalkan Diri Anda
Sebagai Blogger anda tidak perlu malu untuk mengenalkan anda kepada pengunjung atau kepada sesama blogger. Ini harus anda lakukan bila anda ingin mencapai kata-kata professional. Masih banyak blogger yang enggan menunjukkan identitas dirinya.  Tunjukkan identitas anda supaya mendapat perhatian di mata pengunjung . Banyak cara yang bisa anda lakukan sebagai media promosi diri anda.

#5 – Link Building Itu Tidak Selalu Penting
Pernahkah anda mendengar blogger sukses tanpa mengerjakan link building sama sekali. Itulah Linda Ikeiji, hanya mengandalkan postingan setiap hari dan mendapat banyak pengunjung di blog gratisnya. Dan ada blogger sukses di dunia yang mencapai 50.000 view satu bulan tanpa link building sama sekali.

Ini terbukti memang, blog yang sedang anda baca ini tidak ada link building sama sekali dan statistic perhari antara 200-300, itu murni pencarian unik dari google.

Apa yang ingin saya sampaikan bahwa link building tidak selalu penting untuk menjadi blogger professional, bila anda menjalankan poin-poin penting untuk membangun blog anda tahap demi tahap.

Link building bisa anda pikirkan sebagai pendongkrak trafik blog anda di kemudian hari.

#6 – Pilih Situs Jejaring Sosial Yang Tepat
Sebagai blogger anda harus jeli memilih jejaring sosial yang tepat. Facebook, twitter, google plus sampai saat ini merupakan situs jejaring sosial yang bagus untuk melakukan promosi blog. Jangan jadikan jejaring sosial sebagai sumber trafik blog anda, ini hanya sebatas untuk mempromosikan blog anda.

Bila anda membaca referensi dari google, sekarang yang di hitung sebagi trafik hanya dari google plus.

#7 – SEO Masih Selalu di Perhatikan
Search Engine Optimation (SEO) sampai sekarang masih menjadi perhatian semua blogger di dunia. SEO tidak akan mati dalam dunia blogging, anda harus memperhatikan tingkat SEO baik pada saat anda menulis konten ataupun untuk blog anda.

Semua pakar blogger setuju sampai sekarang SEO salah satu indicator untuk menjadi seorang  blogger professional.

#8 – Perhatikan Keadaan Blog Anda
Menjadi seorang blogger professional membuat blog anda ikut menjadi professional juga tentunya. Anda harus membenahi blog anda mulai dari warna, widget, kecepatan blog, dan lain-lain. Ini menjadi mutlak karena melalui blog menunjukkan jati diri anda sebagai blogger professional.

#9 – Jangan Buang-Buang Waktu
Banyak blogger terlalu menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang lain yang tidak berguna. Seperti bermain game android salah satunya. Bila anda sedang mempunyai waktu untuk menulis artikel atau konten untuk blog anda, segera lakukan jangan menunda nanti. Blogger professional itu datang tidak hanya dari full time blogger dari part time blogger juga ada.

Seorang professional itu tidak pernah menunda waktu untuk pekerjaan yang bisa di selesaikan sekarang.

#10 – Monetize Blog Anda
Bila anda masih nekad menjadi blogger professional, poin terakhir yaitu monetize. Blog yang sudah anda bangun dengan baik bila di monetisasi tentu bisa menghasilkan. Banyak cara membuat blog anda menghasilkan uang. Iklan PPC, mandiri, jual jasa dan lain-lain.

Anda bisa mencari alternative yang terbaik untuk blog anda, jenis monetize seperti apa yang anda inginkan. Ini nantinya membuat anda lebih mudah dalam mengelola blog.

Sebagai catatan jangan membuat blog anda terlalu rumit bagi pengunjung dalam hal monetize. Seperti iklan yang terlihat kacau balau, sehingga membuat blog anda terlihat tidak bagus lagi. Jangan pernah menjadi orang serakah dalam hal monetize. Pengunjung merupakan sumber daya blog, bila anda sudah memonetize blog anda nantinya, jadi tetap membuat blog anda terlihat professional.

Baca Di Sini Tentang Monetize Blog

Bila anda sudah membaca ke 10 poin tersebut, apa yang ada di benak anda. Apa yang harus segera anda lakukan.

image credit blog.zemanta.com


8 Responses to "10 Tips Blogging Bagi Anda Untuk Menjadi Profesional Tahun 2015"

  1. 10 tips yang sangat bermanfaat,terimakasih sudah share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak terima kasih udah berkunjung.

      Delete
  2. Wah kalau 2.000 kata dalam 1 artikel itu, menurut saya cukup panjang sekali. 1.000 kata dalam 1 artikel saja sudah termasuk banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas ridha memang panjang, bila sudah terbiasa pasti terasa lebih mudah mas. ayo di coba mas.

      Delete
  3. Tips yang di berikan sangat bermanfaat sekali :) semoga di 2015 blog nya tambah sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas Febri, sukses juga buat mas.

      Delete
  4. baru tau kalo sarat2 nya begitu banyak ya... tapi musti dicoba juga nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo di coba mas wicky biar tahun 2015 nanti jadi blogger handal

      Delete

Komentar jangan menautkan link aktif (akan di apus).
Jangan rasis, SARA dan mencaci.
Berkomentar dengan bijak dan sopan.